Siapa sih yang mau jerawatan? Selain membuat wajah jadi tidak enak dipandang, masalah kulit wajah ini juga bisa mengurangi kepercayaan diri. Hal inilah yang membuat orang-orang rela melakukan berbagai cara untuk terhindar dari jerawat. Hal yang sama juga dilakukan oleh para penderita jerawat. Mereka rela menghabiskan uang jutaan rupiah demi menghilangkan jerawat di wajah mereka. Sayangnya, terkadang apa yang diinginkan tidak sesuai dengan kenyataan. Ingin wajah bersih dari jerawat, justru kulit wajah memerah dan tambah tidak enak dilihat.

wajah memerah

Apabila Anda mengalami masalah ini setelah menggunakan obat anti jerawat, apa yang akan Anda lakukan?

Stop pemakaian

Yap, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyetop pemakaian dari obat anti jerawat tersebut. Mengapa? Besar kemungkinan bahwa wajah yang memerah disebabkan karena kandungan bahan dari obat tersebut tidak cocok dengan kulit wajah sehingga menimbulkan reaksi berupa memerahnya kulit wajah. Apabila hal ini diabaikan, masalah yang lebih besar menanti Anda. Kulit wajah bisa saja menjadi gatal-gatal, iritasi, atau bengkak. Dampak buruk ini akan sulit disembuhkan dan Anda akan butuh dana yang banyak untuk mengobati kulit wajah Anda. Oleh sebab itu, stop pemakaian ketika mengetahui kulit wajah Anda memerah setelah menggunakan obat tersebut, oke!

Hindari menggunakan obat anti jerawat lainnya

Setelah pemakaian obat jerawat yang menyebabkan wajah memerah, sangat disarankan untuk tidak menggunakan obat anti jerawat lainnya, khususnya yang memiliki kandungan bahan-bahan kimia. Alasannya sederhana yaitu untuk membuat kondisi kulit wajah normal terlebih dahulu. Apabila Anda tetap memaksakan untuk menggunakan obat anti jerawat baru, kulit wajah akan kesulitan untuk beregenerasi dan pulih dari dampak obat jerawat sebelumnya. Hal ini juga bisa memperparah kulit wajah dan bahkan bisa membuat jerawat kian banyak tumbuh di wajah Anda.

Minta saran dan solusi dari dokter kulit

Untuk menghindari dampak buruk yang semakin merusak kulit wajah Anda, ada baiknya untuk minta saran dan solusi dari dokter kulit sesegera mungkin. Pastikan untuk memilih dokter kulit yang sudah berpengalaman dan profesional agar layanan yang diberikan juga profesional dan optimal. Jika Anda bingung memilih dokter kulit yang tepat karena ada beberapa dokter kulit di kota Anda, ada baiknya untuk meminta saran dari orang-orang yang pernah berobat di sana. Apabila feedback mereka mengacu kepada satu dokter kulit tertentu, sebaiknya ikuti saran mereka meskipun harga yang ditawarkan mungkin agak lebih mahal dari dokter kulit lainnya.

Kemudian buat janji dengan dokter tersebut dan temui beliau. Dengarkan apa yang disarankan dan kerjakan solusi yang telah diberikan. Pada umumnya, dokter kulit akan menyarankan Anda untuk tidak menggunakan obat-obat jerawat yang mengandung bahan kimia dalam jangka waktu tertentu. Dia akan memberikan obat-obatan medis untuk menyembuhkan kulit wajah memerah Anda terlebih dahulu. Setelah sembuh total, barulah dokter akan menyarankan obat-obat anti jerawat yang baik untuk Anda serta tips memilih obat anti jerawat yang berkualitas.

Oya, ada baiknya juga untuk memilih obat anti jerawat yang mengandung bahan-bahan alami karena efek sampingnya yang tidak ada sama sekali. Di samping itu, sangat disarankan untuk berhati-hati dalam memilih produk karena saat ini Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sudah menemukan banyak produk-produk kecantikan palsu yang dijual di pasaran. Jika Anda memakai produk ini, resiko mengalami efek samping yang lebih parah lagi akan sangat terbuka lebar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *